Gimana Agar FF Menarik dan Banyak Dibaca Orang??

confused

Hai.. hai.. hai.. Gue balik dengan sebuah postingan yang kayanya bermanfaat dan sok pinter banget. Tapi ngga papa, emang gue pinter kok! #dilempar bom.

Pastinya udah ketahuan donk dari judulnya kaya gimana? Nah, disini gue akan menjelaskan gimana caranya agar FF para author, terutama yang baru terjun(?) di dunia perFFan yang minder karena FFnya yang baca dikit, gue punya solusinya. Tapi inget ya, disini gue berperan sebagai seorang reader, bukannya author FF. Gue membaca FF yang gue pikir menarik, nah gimana caranya agar FF kalian menarik di mata reader kaya gue ini?? Ini dia :

1. Publish FF kalian.

Ya iyalah, kalo mau dibaca ya harus diperkenalkan atau dipublish dulu. Bisa di blog pribadi atau blog umum, facebook, ataupun twitter, yah.. jejaring sosial lain juga banyak, kaya tumbrl, G+, dll, capek nyebut woyy!!! Tapi yang paling sering FF dipublish di blog, lebih leluasa baca. Usahain sih blognya rame, kalo sepi kaya nih blog mah, hmmm.. #hening.

2. Tema

Oke, kita ambil dari tema yang paling pasaran yaitu romance. Romance itu banyak banget jenisnya, ada :

Hurt : Dimana pihak tersakiti, tapi belom tentu berakhir sedih.

Angst : Temennya hurt, kalo hurt endingnya ngga tentu. Tapi kalo angst, udah pasti endingnya sedih dan kebanyakan karena kehilangan ‘sesuatu’. Misalnya : mati, orang yang disayang ke luar negeri, digondol setan, dll.

Happy romance : Ini dia, yang gue suka. Mending happy aja deh, daripada sedih. Yang paling sering muncul di FF ini adalah suka-nembak-jadian. Come on, apa kalian ngga bisa move on?? Carilah plot lain yang lebih seru.

FF bertema fantasy juga ngga jarang gue temuin banyak dikomen. Kaya FF gue yg judulnya Sekolah Sihir. Itu laku keras.

3. Judul

Ini adalah salah satu pertimbangan yang paling utama untuk reader menentukan mau baca FF kalian atau ngga. Buatlah judulnya semenarik mungkin walaupun kalian ngerasa FF kalian ngga menarik. Contoh kaya FF gue yang paling laku deh, judulnya :

Masalah Buat Loe???

My Twin Brother

Misteri Uang Hilang

Dan jujur aja, hampir semua FF gue banyak peminatnya #sombong. Gue berpikir lakunya tuh FF akibat pinternya gue dalam ngasih judul yang unik #sombong lagi.

Coba bedakan dengan ketika kalian ngasih judul FF seperti :

Saranghae

My Love

I Love You

Miss You

Saranghaeyo, Oppa!

�(≧∇≦)� тι∂ααααααккккккккк……….!!! Hindarkan yang seperti itu di FF kalian! Itu sudah pasaran, gue udah bilang cepatlah move on! Beri judul yang unik, misal :

Baekhyun, You Misunderstand #walaupun sebenernya gue nggak pernah baca nih FF karena genrenya yaoi, tapi menurut gue itu menarik.

Tragedi Celana Dalam,

 

Dan masih banyak lagi.

4. Plot

Hyahaha~ ini juga utama, ya iyalah. Mau jadi apa FF loe tanpa plot/alur? Mati aja! (?)

Menurut kaca mata gue #mana kacamata, mana?!!! Plot yang disukai para readers itu adalah yang, jeng.. jeng.. jeng..

SAD!!! ngga kaget ya, tahun 2012 atau bahkan 2013 emang tahunnya orang galau.

dan..

PORNO!!!

dan, ini ciyuss lho.. coba liat di sini atau di sini dan liat berapa banyak commentnya. Banyak banget itu woyy, apalagi untuk FF NC. Astaghfirullah, dan parahnya yang baca itu masih banyak yang dibawah 17 tahun, parah?? Banget!

Otak anak-anak memang sudah berkembang, jangan-jangan pernah ngelakuin juga, ngaku hayoo?!!

Tapi ngga salah juga kalo kita bikin FF yang happy-happy. FF gue banyakan yang comedy, dan laku-laku aja. Tentunya dengan plot yang fresh dan ngga itu-itu aja. Selipin yadong juga ngga papa. Ngga usah munafik lha..

5. Rating

Berilah rating yang sesuai. Kalo ada adega ‘gitu-gitu’ ya kasih rating PG-15, NC-17, atau NC-21.

Tapi dengan menulis ‘M’ dan ‘A’ itu juga udah cukup menggambarkan kalo FF ini untuk dewasa. Inget! NC adalah kepanjangan dari No Children. Jadi otomatis adalah untuk 17+ kalo PG = Parents Guardian. Jadi ini untuk yang masih kecil harus sama ortu bacanya. Tapi kayanya kurang kerjaan banget ya kalo ortu yang sibuk buang-buang waktu buat nemenin anaknya baca FF, mending buat jahit baju, masak, setrika, atau cuci-cuci. LOL!

Jadi, jangan pernah kasih rating FF seperti : NC-15. Sumpah gue ngakak. 15 tahun itu masih anak-anak woyy! Itu salah besar!

Sedikit curhat juga ya, gue juga sebel ada beberapa FF yang authornya kurang lihai dalam memberi rating. Masa ada adegan buka-buka baju cewek dan cowok, dikasih rating PG-13. What the hell? Itu minimal PG-15 woyy!

Dan.. kayanya itu dulu deh, kalo gue nemu lagi pasti gue share. Yang paling penting juga, ingat selalu keberadaan tuhan. Minta sama tuhan untuk melakukan FF kalian 😉

22 pemikiran pada “Gimana Agar FF Menarik dan Banyak Dibaca Orang??

  1. haha XD aku setuju sama saran kamu tentang pemilihan plot ._. emg org2 banyak bgt yg suka ff yadong drpd yg bener -_-
    astajiim -_- trs yg rating itu.. HAHA, aku juga pernah nemu fanfic yg authornya ngasih PG-13 -___- APAH ITUUUU? perasaan PG itu cuman sampe PG-17 deeeh -_-
    PG-15 dan PG-13 itu cuman khayalan -_- #kicekd..
    gue ngakak asli sama judul2 yg km kasih di ff kamuh ituhh XD haha XD tragedi celana dalem :O aoaoaoao.. somplak abis.. exofanfictionworld emg somplak2 fanficnya -_- komedi semuaaaanyaaa XD haha XD
    iyasih kebanyakan genre fanfic ga bakal jaaaaaauuuhh dari namanya romance -_- termasuk saya -_- tp, kasih judul fanfic itu yg plg ribet -_-
    susah banget kasih judul fanfic yg nyleneh -_- frustasi.. #curcol-_-
    ohya, km gasuka ff yaoi yaa? KITAAAA SAAAAAMAAAAAN.. #xoxo..
    aku geli sendiri baca fanfic yaoi atau yuri -__- heellooo the straight couple many else on.. come on.. kok bisa2nya pada suka gituh ya -_- aneh ajah -__

    Suka

    • PG-13, bukanny yg gitu udah bener ya, Mizu?? 😮
      Kalo PG-17 itu ya ndekati NC gitu deh. Hahaha~ 😀
      Tragedi Celana Dalam itu bkan FF aku, namany cman axis di sini 😀
      Kalo yaoi menurutku bikin ketawa sendiri. Nganggep biasnya ga normal, kan kasian 😦

      Suka

      • haha XD biasanya sih PG-15 -_- itu untuk univers-nya ;_; long as i see -,-
        iyalah -_- PG-17 sama aja NC 13 LOL =o=
        ahaha XD itu ff lucu lho XD ngakak sumpah XD
        aku aga gigu sama ff yaoi -_- itu gimana yaaaaa… couple straight kan ada banyak gituloh -_- trs kenapa suka sm yg sejenis -o- ck.. dianya yg ga waras apa biasnya -_- entahlah -.-

        Suka

  2. sett..dah thor 😛 ini mau ngasih saran apa mau ngelawak sih?
    ngakak gila,,,ampe nangis-nangis *lebay*
    trus , klo digondol setan itu nanti jadinya angst ya?? wkwkwk… (makasih udah ngasih ide yang bagus bin gila) .. 😀
    author!!! lo keren (^_^)b

    Suka

  3. hai.
    makasih ya sarannya, aku masih author baru (oke ini boong), lumayan lah infonya buat nambah-nambah pertimbangan kalo mau ngepublish ff._.

    anu- aku biasanya kl bikin ff aku selingin kata2 mesum (oke. cuma kata2-_-) dan itu ratingnya T. bener nggak sih? atau perlu T+ ya?.-.

    dan… terakhir. makasih juga buat saran ff chanbaeknya. brb baca nih xDDD

    Suka

  4. buahahhaaahha arthor2 lucu tapi kali2 bikin judul sendal swallow mendunia

    ya ampun ada2 aja deh

    tapi ini beneran bagus deh aku jadi semangat coba buat nulis FF deh

    walaupun banyak tulisan yg aku hanya simpan di wordpress aja karena aku malu dan engga pede sama tulisan aku
    jadi simpen aja paling yg baca temen aku hiii jadi curhat oke abaikan

    makasih refrensi nya daebak deh arthorrrrr

    byeee

    di tunggu FF nya selalu

    Suka

  5. Hai hai hai author-nim!!! Aku punya masalah ini. Sebenarnya aku itu author fresh graduate, tapi aku gak tahu caranya publish FF, karena ini pertama kali… Bantuin dong… ._.

    Suka

Comment Is Free of Charge (*^▽^*)