Review Jajanan Ala Korea di Malang, Kirin & Bingsoo

Hello, gusy.. Rasanya lama sekali tidak menyapa kalian dengan artikel yang bisa bikin kita akrab. Biasanya gue memposting curhatan yang unik saat tidak ada FF atau terjemahan lagu korea yang harus dibahas. Tapi kali ini beda, gue akan coba cerita pengalaman gue waktu makan di rumah makan ala korea di Kota Malang.

Ini semua berawal dari minimnya kegiatan gue saat kelas XII UN. Otomatis kan kelas X dan XI-nya libur. Gue tuh type orang yang ga seberapa suka keluar ke tempat yang jauh dari rumah, kalau jalan-jalan paling ya window shoping atau ke pasar pagi cari makanan ringan. Jadi kalau liburan, aktivitas yang paling mainstream dilakukan kalau gak bantu-bantu ibu, ya main laptop.

Tapi pada suatu hari, pas lagi di perjalanan pulang menggunakan motor, gue ngga sengaja menengok adanya sebuah kedai kecil yang memuat hangul pada pamfletnya dan terbaca, “Kimbap Rina”.

Oke, udahan aja sesi curhatnya… kebiasaan deh pembukaannya panjang banget.

Pada Suatu hari gue mencoba untuk makan di Kirin, gue dateng sekitar jam 2 siang di hari Sabtu. Gila di sana rame banget, banjir pelanggan, buat ngambil daftar menu aja antriannya panjang banget. Tapi akhirnya gue memutuskan untuk motong antrian untuk bertanya berapa lama gue harus menunggu untuk mendapatkan menu yang pengen gue pesen, dan mbak kasir pun menjawab sekitar 45 menit. Anjirr lama banget lah pasti, keburu laper juga, pada akhirnya gue urung makan di situ.

Dari sini, bisa kita pastikan dong kalau Kirin itu banyak diminati sama masyarakat Malang?

Gue mencoba kembali peruntungan gue di hari selanjutnya. Gue berangkat jam 11.30 sama adik gue, ya pokoknya pas di tengah perjalanan, adzan dzuhur baru kedengeran. Perjalanan dari Kirin ke rumah memakan waktu 15 menit, jadi bisa dibilang lumayan deket lah ya, alhamdulillah gue beruntung. Tapi keadaannya Kirin masih tutup, tapi yang bikin kaget tuh beberapa orang udah nunggu di depan pager. WOW!!!

Setelah Kirin buka, gue pun memesan beberapa menu, antara lain:

(btw ada beberapa foto yang bukan hasil jepretan gue sendiri. faktornya krn ga sempet ngefoto, kalau gak ya jepretan gue ga lebih bagus dibandingkan foto yang gue dpt dari instagramnya Kirin.)

Menu yang pertama kali dateng ialah…

tteokbeokkiDdeokbeokki. Akhirnya bisa makan cemilan yang dijual Miss Gong di drama High School – Love On. Aroma Saus Gochujangnya nusuk hidung banget. Isinya kue beras, wortel, lobak, dan beberapa macam sayur lainnya. Menurut gue ini agak mirip sama cap cay. Harganya kisaran 17.000 kalau gak salah, bisa juga ditambahin keju.

Pesanan yang kedua…,

kimbap

Kimbap… ada dua pilihan dari kimbapnya, tuna dan beef. Kebetulan gue cuma pernah pesen kimbap yang beef. Dagingnya gurih dan jelas ngenyangin. Harganya Rp. 16.000,- guys!

Kemudian menu ketiga…,

PicsArt_1428925118786

Patbingsoo…, ini beneran recommended banget!! Rasanya enak, seger, dan cukup untuk 2 – 3 orang. Kacang merahnya empuk dan mochinya kenyal gitu. Dan kalau gue boleh saran, lebih baik pilih topping es krim coklat, karena dari tiga varian es krim untuk toping patbingsu, coklat yang paling match sama buah-buahan itu. Harganya Rp. 22.500,-

Di atas itu menu yang gue pesan di kunjungan pertama gue ke sana. Kunjungan berikutnya, gue pun memesan menu-menu yang belum pernah gue coba. Beberapa di antaranya adalah:

dak galbiDak Galbi. Sumpah ini enak bangeeeeett!!! Daging ayamnya lembut, ada ubi, wortel, lobak, sama kue berasnya juga. Gue sama sekali ga enek makan ini. Lumayan pedes juga, tapi buat kalian yang ga suka pedas bisa pilih level 1nya. Harganya Rp. 20.500,- per porsinya.

odeng

Ini odeng, menu yang hanya ada di hari Minggu & Senin. Sepintas ada yang bentuknya mirip usus. Kalian salah guys, itu rasanya kaya ikan. Haha, ya emang itu olahan ikan. Nah, kalau pentol yang agak kemerah-merahan itu kayaknya dari udang deh, ya kali gue ngaco soalnya xD enak banget, harganya Rp. 20.000,- per porsinya. Campur sama saus yang rasanya mirip sama wassabi, lebih klop!!

PicsArt_1427613718160

Jjajangmyun. Makanan yang ada tiap hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu ini full banget sama seafood. Rasanya agak asem” gimana gitu. Harganya yang paling mahal dari semua makanan yang pernah gue coba, Rp. 23.500,-

Sejauh ini cuma itu aja yang pernah gue coba di Kirin, sebenernya lumayan penasaran sama Sundubu Jjigae. Lain kesempatan kalau ada uang, insya Allah bakal nyobain menu itu, soalnya cuma ada di hari Selasa dan Rabu, di jam itu kan gue masih sekolah. Entah deh pas waktu prakerin lagi senggang, amin.

Oh iya, Kirin ini buka dari jam 12 siang sampai sold out, biasanya jam 16.30 itu udah habis. Tutup hari Kamis dan libur nasional. Kalau yang ga tau letaknya, Kirin ada di Jl. Kalpataru. Dari Jl. Kedawung itu masih terus.

Nah, kemudian ada tempat kedua yang gue kunjungin, namanya BINGSOO!

Sesuai namanya, Bingsoo kan artinya es, jadi otomatis tempat ini cuma fokus sama minumannya. Beberapa menu yang sudah pernah gue cobain antara lain:

PicsArt_1429508519370

Chicken and Rice. Makanan ini hampir persis kaya menu di KFC yang ada dikotakan itu loh, yang harganya Rp. 10.000,-. Cuman bedanya ini lebih banyak, ada sayurnya, dan lebih terasa alami bumbunya. Ada 3 varian dari Chicken and Rice ini, yaitu: blackpapper, bbq, dan keju. Harganya Rp.12.000,-

PicsArt_1429508732506

Ini ada hwache, ehh ngga tau lagi sih tulisannya gimana. Ada 4 varian, sunkist, berry, leci, sama apa lagi satunya lupa. Lumayan seger sih untuk menghadapi hari yang panas. Harganya Rp. 12.000,-

patbingsu

Ini adalah menu yang sama kaya di Kirin, cuma porsinya lebih sedikit, harganya Rp. 17.000,- sebenernya dulu gue pesennya yang green tea karena udah pernah nyoba stroberi, vanilla, dan coklat. Kelebihan bingsoo di sini itu buahnya lebih lengkap, cuma mochinya diganti jelly & ada yupinya. Kalau dibanding Kirin, kacang merah di sini lebih keras, ga seempuk di sana. Terus masalah wadahnya juga. Cara makan patbingsu kan dengan mencampur semua bahan jadi satu, termasuk es krimnya yang harus dilumat dengan sendok kemudian di aduk. Karena es serut di Bingsoo ini keras dan menyatu, jadi agak kesulitan ngaduknya. Jadi terpaksa waktu makan di sana ga diaduk, takut buah-buahan dan es krimnya tumpah.

PicsArt_1429508651037

Dan ini adalah menu klimaksnya guys… Sosis ben truck, atau apa lah itu namanya. Sumpah ini enak banget, cuman sayang cuma pesen 1, ga lega aja gitu rasanya. harganya Rp. 15.000,-

Sejauh ini cuma 4 menu itu aja yang pernah gue pesen di Bingsoo. Banyak varian es di sana, ada oreo bingsoo, ramen juga ada.

Jadi, walaupun sama-sama memuat hangul pada pamfletnya, kedua tempat ini sedikit bertolak belakang. Kirin menyediakan menu makan siang saja, pilihan minuman di sana cuma ada teh kotak dan air mineral. Sedangkan Bingsoo, jujur masih lebih nyaman beli patbingsoo di Kirin, tapi itu cuma pendapat pribadi aja, kan selera orang relatif. Tapi di Bingsoo itu pelayanannya cepet, baru pesen, 5 menit kemudian udah dateng aja. Beda kaya Kirin, walaupun di hari sepi sekali pun, padahal cuma pesen patbingsoo, kita nunggu agak lama.

Intinya, kalau kalian cuma sekedar cari tempat nongkrong yang asyik dan ala2 korea, dateng lah ke Bingsoo, di sana tempatnya luas, design interiornya juga ala anak muda banget, Sedangkan kalau kalian laper dan cari menu makan siang, coba datang ke kirin, karena pilihan menu makanan koreanya banyak. Tapi setelah makan, gue saranin segera pulang, ga usah ngobrol lama2 sama temen, kasian pelanggan lain yang belum dapet tempat buat makan.

Sekian review kali ini, maaf kalau ada tulisan dari gue yang sekiranya ga mengena di hati kalian yang membaca. tujuannya cuma sekedar berbagi informasi🙂

Kirin Malang, Bingsoo Malang, makanan korea di malang, patbingsu malang, kimbap, jjajangmyun, jual makanan korea di malang

Comment Is Free of Charge (*^▽^*)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s