Kontroversi Voting Rekayasa untuk Rookie Award MAMA 2012 Antara Fans B.A.P dan EXO

Jegerrr.. Judulnya nyesekin gue >< #langsung nyelonong gitu masa?? Oke ini ngga sopan. Ulang ya..

Assalamualaikum Wr.Wb. kawan-kawan.. ^^

Lama ngga nongol, terakhir gue bagi-bagi JKT48 – Gomen Ne, Summer! ya kan?! Udah pada didownload, yang belom download gih, lagunya bagus kok.

Dan sekarang gue posting lagi dengan membawa berita yang menyayat hati gue, hiksss.. Baby dan Exostan berkontroversi. Oh tidaaaakkk!!! #nangis bombay.

Dari berita yang gue dapet sih, kaya gini.

Fans dari grup di bawah TS Entertainment, B.A.P, dan grup di bawah SM Entertainment,  EXO, telah menciptakan sebuah kontroversi tentang voting yang direkayasa untuk penghargaan rookie di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2012.

EXO saat ini berada di posisi pertama dengan 11,496,490 votes sedangkan B.A.P berada di tempat kedua dengan 11,484,838 votes.

Fans dari B.A.P mengatakan bahwa SM Entertainment, agensi EXO , melobi Mnet dengan uang.

Seorang fans dari B.A.P membawa kecurigaan tentang lobi-melobi tersebut dengan mengatakan, “Itu bukan apa-apa untuk sebuah perusahaan besar seperti SM untuk merekayasa ranking dengan memberikan uang. Di kategori grup pria, grup di ranking 1 sampai 3 semua berasal dari SM.”

Fans lainnya menyuarakan pendapatnya dan menambahkan, “B.A.P merilis berbagai lagu yang menjadi hits selama 9 bulan terakhir, jadi itu tidak masuk akal bagi EXO untuk mendapat sebuah penghargaan hanya dengan satu lagu.”

Melanjutkan, fans EXO membalas bahwa fans B.A.P merekayasa voting online dengan menunjukkan sebuah program voting rekayasa untuk Mnet Music Awards yang dibuat netizen.

Seorang fans EXO meningkatkan kecurigaan dengan mengatakan, “Aku tak tahu mengapa itu jadi masalah apakah mereka muncul dengan satu atau dua lagu. Sebaliknya, bukti jelas bahwa mereka merekayasa voting adalah bagaimana kami memiliki perbedaan 1,800,000 (votes) pada tanggal 22, tapi sekarang menurun dengan kecepatan yang mustahil dimana kini tinggal berbeda 20,000 (votes) hari ini (pagi hari tanggal 25).”

Orang yang membuat program untuk fans B.A.P mempost pada tanggal 25, “Tidak lebih dari 40 orang yang mendownload program online  ini, jadi itu bahkan tidak membuat banyak perbedaan (votes)”, menentang terhadap kecurigaan adanya rekayasa voting. Namun, perseteruan antara penggemar kedua grup ini belum terselesaikan.

Credits: Nate

Trans: neukki via itsbap.tumblr.com

Shared by: lollichocho @ Koreanindo

Hadoh, hadoh. What the hell, man?! So’uzon banget ini para fans. Apakah mereka ngga tau kalo so’uzon, gibah, dan hasad itu sikap yang dibenci Allah?! #ceramah.

Tapi ada benernya juga kata mereka dan yang paling masuk akal dan gue juga terus pikirin sebelum baca berita ini, yaitu

“B.A.P merilis berbagai lagu yang menjadi hits selama 9 bulan terakhir, jadi itu tidak masuk akal bagi EXO untuk mendapat sebuah penghargaan hanya dengan satu lagu.”

Azzeeekkk.. Ini baru namanya berpikir maju! Bener banget. Jelas ngga adil kalo misalnya EXO menang hanya dengan 1 mini album, sedangkan B.A.P sangatlah rajin untuk comeback dengan lagu yang sangat easy listening. Berapa mini album sih? Warrior, Power, No Mercy, dan Yes Sir! oh 4, banyak banget, kan?

Maaf bukannya gue menjelek-jelekkan EXO dan labil. Tapi sumpah gue hanya berpikir sewajarnya, bener-bener ngga adil kalo B.A.P kalah dari EXO-K. Bukan karena gue yang lagi demen-demennya sama Daehyun dan ngelupain Luhan, bukan! Tapi emang itu kenyataannya.

Tapi melihat EXO-K yang notabennya adalah jebolan dari SM Entertainment, perusahaan terkenal yang berhasil mengorbitkan artis-artis besar dan banyak mengukir prestasi. Bandingkan dengan B.A.P yang bernaung di TS Entertainment yang artis-artisnya ngga sebooming artis SM Entertainment.

Fansnya juga, kayanya udah ketahuan deh kalo fans EXO-K lebih banyak. Awal-awal mau vote gue bingung mau vote mana untuk kategori ‘Best New Male Artist’ B.A.P atau EXO-K ya?? Gue suka keduanya, gue juga kagum dengan keduanya.

Tapi gue mikir keras buat siapa yang harusnya menang, dan akhirnya terpilihlah sebuah jawaban yaitu B.A.P. Karena apa? Karena mereka sangatlah aktif mengeluarkan lagu-lagu baru dengan dance performance yang tidak menjemukan mata.

Apa yang membuat mereka memilih EXO-K yang jika dipikir dengan logika tidaklah lebih dari B.A.P? Udah pasti itu selera masing-masing. Gimana dengan gue yang menyelerakan mereka berdua hingga fifthy-fifthy? Gue berpikir keras untuk menentukan mana yang harus gue vote.

Kesimpulannya, pilihlah yang menurut kalian terbaik dan layak menang. Seperti kata Agnes Monica “Kalian harus bisa menentukan yang baik dan layak juara. Bukan karena paras mereka semata..

Sebenernya sih bukan gitu kata tepatnya, yang jelas intinya gitu lah!

Oke sipp, bacotan gue berakhir. Inget ya, gue Aff(x)tion dan 4nia yang lagi tergila-gila sama B.A.P dan EXO!!! Oke, gue netral antara B.A.P dan EXO.

Satu lagi, Baby dan exostan jangan bentrok, kelahi, dan jangan sampe bacok-bacokan ya.. Mereka sama-sama baik tapi emang harus satu yang terpilih🙂

19 thoughts on “Kontroversi Voting Rekayasa untuk Rookie Award MAMA 2012 Antara Fans B.A.P dan EXO

  1. jujur berita itu bikin aku kesel juga sih..
    nih ya coba pikir, kalau emg EXO-K menang dengan cara picik kya gitu, toh mereka menang dengan cara kotor kan? trs berarti mereka ga percaya sama kemampuan yg mereka miliki dong? 8o
    trs kalau memang SMent sampai berani ngasih uang ke MNet bukanny itu malah nanti menjatuhkan nama besar SM itu sndr ya? kalau emg berita itu benar, harusnya wartawan juga heboh dong..
    tp, SMnya juga biasa2 aja kok.. ngga ada tanggapan malah..
    biasalah itu fans2 yg sirik.. menurutku kalau mereka iri sama EXO-K yg lebih banyak votingnya, harusnya fans B.A.P juga lebih banyak dong votingnya..
    bener katamu.. EXO-K itu kan rookie-nya SM.. sedangkan SM itu enternainer besar, jadi ya ga salah dong kalau fans EXO-K lebih banyak dari B.A.P..
    aku aja belum pernah denger lagu B.A.P kok.. #killed.. #skip..
    Tp, secara personal aku ga ngevote EXO sih -__- karena aku belum punya strong-felt untuk mengevote mereka.. #apaini..
    Aku cuman ngevote F(x) tok .____. #jduak.. #abaikan..

    Suka

    • Ini Mizu ya?? namany ganti aku jadi agak pangling #minum paramex.
      Huh! iya nih, sebel banget, siapa yang pitnah2 SM nyogok Mnet.
      Ngga bisa munafik sih, kemenangan EXO-K udah di depan mata karena efek SMtown.
      Tapi ngga adil kalo ngandelin vote, nama nominasinya aja ‘Best New Male Artist’ kan artinya yang terbaik. Kalo cuman dari vote mending diganti nominasi jadi ‘Most Favorite New Male Artist’ karena selera penggemar kan beda2..

      Ngevote f(x) doank?? Emanngnya bisa Mizu, f(x) masuk 3 atau 4 nominasi kan?? Trus kata temenku ketentuan di MAMA harus vote semua kategori. Tau gitu aku ngga usah vote group lain, cuman f(x), 4minute, & Hyunah doank..

      Suka

      • haha😄 iyaaps, its me😉 huahaha XP
        nah ya itu.. udah jelas lah.. secara SM is the one of biggest entartainment in Seoul..
        udah terlihat jelas di depan matao_O
        eh.. hrs ngevote semua kategori? aku malah baru tauo_O
        temen2ku juga pada ngevote beberapa kategori tok .__.
        eh, btw komenku di page km yg my lovely bias itu kepotoooooooooooooooooooooongggg… >_<

        Suka

  2. Kalau boleh jujur sih aku agak kecewa pas EXO dikalahin B.A.P tapi bukan karena aku gk suka bap justru aku suka
    tapi ada benernya juga sih gk mungkin EXO bisa ngalahin bap dengan 1 lagu doang ckckck
    Yaudalah gk usah pada berantem toh EXO juga menag kan Best New Asian Group kalau gk salah jadi kan sama2 menang^^
    EXO FIGHTING !!!! *kisseu

    Suka

  3. bap itu membuktikan kalau mereka memang layak untuk menjadi yang lebih besar, karena exo masuk sm aja, coba bap masuk ke sm pasti juga udah melencang jauh apalagi dengan perfom mereka yang full dance dan no lipsing ! Ts ingin membuktikan kalau mereka bukan entertaimant yang kecil dan sembarangan mengeluarkan BB, kalau menurut feelling dan bukan vote sebenarnya lebih bagus b.a.p dari pada exo, ok kalau soal tampang aku akui bap kagak ada apa2 nya di banding2 exo yang cakep nya bukan main, tapi ini bukan soal tampang, but ini soal talenta , bandingkan perfom b.a.p ama exo, ok emang semua nyamempunyai pendapat masing2, konsep exo ama bap juga beda, bap ngedance dan ada filmnya atau banyak karakter lainnya, bukannya saya mnejelekkan exo, saya bukan anti exo kok, saya itu tergila2 ama chanbaek shipper….ok intinya exo bisa besar dan bannya fans karena mereka keluaran dari entrtaman terbesar di seoul , dan di ss4 atau apapun mereka di promosikan oleh sunbae mereka, sedangkan bap? Secret juga tidak terlalu fantastic, jadi mereka berusaha dan sangat berusaha, walaupun mereka bukan dari entertaimant besar, tapi mereka mampu dan yakin untuk bisa membesar kan nama entertaimant mereka, dan see terbukti mereka sudah sukses besar dan sudah mengadakan tour, berhasil mengalahkan psy di jerman,dan banyak lainnya, zelo bocah yang pintar ngerap 23 suku kata dalam waktu 3 detik , kebanyakan rapper sekarang asal cepat aja, tapi tidak dengan zelo ok menurut saya zelo turunan dari GD bigbang yang kalau ngerap kaya orang kesetanan ,tapi hwaithing buat bigbang eh’? Maksudnya exo and b.a.p terutama bap itu membuktikan kalau mereka memang layak untuk menjadi yang lebih besar, karena exo masuk sm aja, coba bap masuk ke sm pasti juga udah melencang jauh apalagi dengan perfom mereka yang full dance dan no lipsing ! Ts ingin membuktikan kalau mereka bukan entertaimant yang kecil dan sembarangan mengeluarkan BB, kalau menurut feelling dan bukan vote sebenarnya lebih bagus b.a.p dari pada exo, ok kalau soal tampang aku akui bap kagak ada apa2 nya di banding2 exo yang cakep nya bukan main, tapi ini bukan soal tampang, but ini soal talenta , bandingkan perfom b.a.p ama exo, ok emang semua nyamempunyai pendapat masing2, konsep exo ama bap juga beda, bap ngedance dan ada filmnya atau banyak karakter lainnya, bukannya saya mnejelekkan exo, saya bukan anti exo kok, saya itu tergila2 ama chanbaek shipper….ok intinya exo bisa besar dan bannya fans karena mereka keluaran dari entrtaman terbesar di seoul , dan di ss4 atau apapun mereka di promosikan oleh sunbae mereka, sedangkan bap? Secret juga tidak terlalu fantastic, jadi mereka berusaha dan sangat berusaha, walaupun mereka bukan dari entertaimant besar, tapi mereka mampu dan yakin untuk bisa membesar kan nama entertaimant mereka, dan see terbukti mereka sudah sukses besar dan sudah mengadakan tour, berhasil mengalahkan psy di jerman,dan banyak lainnya, zelo bocah yang pintar ngerap 23 suku kata dalam waktu 3 detik , kebanyakan rapper sekarang asal cepat aja, tapi tidak dengan zelo ok menurut saya zelo turunan dari GD bigbang yang kalau ngerap kaya orang kesetanan ,tapi hwaithing buat bigbang eh’? Maksudnya exo and b.a.p terutama bap itu membuktikan kalau mereka memang layak untuk menjadi yang lebih besar, karena exo masuk sm aja, coba bap masuk ke sm pasti juga udah melencang jauh apalagi dengan perfom mereka yang full dance dan no lipsing ! Ts ingin membuktikan kalau mereka bukan entertaimant yang kecil dan sembarangan mengeluarkan BB, kalau menurut feelling dan bukan vote sebenarnya lebih bagus b.a.p dari pada exo, ok kalau soal tampang aku akui bap kagak ada apa2 nya di banding2 exo yang cakep nya bukan main, tapi ini bukan soal tampang, but ini soal talenta , bandingkan perfom b.a.p ama exo, ok emang semua nyamempunyai pendapat masing2, konsep exo ama bap juga beda, bap ngedance dan ada filmnya atau banyak karakter lainnya, bukannya saya mnejelekkan exo, saya bukan anti exo kok, saya itu tergila2 ama chanbaek shipper….ok intinya exo bisa besar dan bannya fans karena mereka keluaran dari entrtaman terbesar di seoul , dan di ss4 atau apapun mereka di promosikan oleh sunbae mereka, sedangkan bap? Secret juga tidak terlalu fantastic, jadi mereka berusaha dan sangat berusaha, walaupun mereka bukan dari entertaimant besar, tapi mereka mampu dan yakin untuk bisa membesar kan nama entertaimant mereka, dan see terbukti mereka sudah sukses besar dan sudah mengadakan tour, berhasil mengalahkan psy di jerman,dan banyak lainnya, zelo bocah yang pintar ngerap 23 suku kata dalam waktu 3 detik , kebanyakan rapper sekarang asal cepat aja, tapi tidak dengan zelo ok menurut saya zelo turunan dari GD bigbang yang kalau ngerap kaya orang kesetanan ,tapi hwaithing buat bigbang eh’? Maksudnya exo and b.a.p terutama bap itu membuktikan kalau mereka memang layak untuk menjadi yang lebih besar, karena exo masuk sm aja, coba bap masuk ke sm pasti juga udah melencang jauh apalagi dengan perfom mereka yang full dance dan no lipsing ! Ts ingin membuktikan kalau mereka bukan entertaimant yang kecil dan sembarangan mengeluarkan BB, kalau menurut feelling dan bukan vote sebenarnya lebih bagus b.a.p dari pada exo, ok kalau soal tampang aku akui bap kagak ada apa2 nya di banding2 exo yang cakep nya bukan main, tapi ini bukan soal tampang, but ini soal talenta , bandingkan perfom b.a.p ama exo, ok emang semua nyamempunyai pendapat masing2, konsep exo ama bap juga beda, bap ngedance dan ada filmnya atau banyak karakter lainnya, bukannya saya mnejelekkan exo, saya bukan anti exo kok, saya itu tergila2 ama chanbaek shipper….ok intinya exo bisa besar dan bannya fans karena mereka keluaran dari entrtaman terbesar di seoul , dan di ss4 atau apapun mereka di promosikan oleh sunbae mereka, sedangkan bap? Secret juga tidak terlalu fantastic, jadi mereka berusaha dan sangat berusaha, walaupun mereka bukan dari entertaimant besar, tapi mereka mampu dan yakin untuk bisa membesar kan nama entertaimant mereka, dan see terbukti mereka sudah sukses besar dan sudah mengadakan tour, berhasil mengalahkan psy di jerman,dan banyak lainnya, zelo bocah yang pintar ngerap 23 suku kata dalam waktu 3 detik , kebanyakan rapper sekarang asal cepat aja, tapi tidak dengan zelo ok menurut saya zelo turunan dari GD bigbang yang kalau ngerap kaya orang kesetanan ,tapi hwaithing buat bigbang eh’? Maksudnya exo and b.a.p terutama chanbaek

    Suka

  4. Kalau menurut gue SM itu entertainer besar udah pasti didikannya bagus bagus dan juga ketat buktinya Girl’s Generation Taeyeon Aja pernah kabur waktu masih Trainee.
    EXO dan B.A.P kan beda konsep Exo lagunya beat,rapper,dan mengerikan gimana gitu *maksudnya kyk MV Wolf,MAMA dll* & B.A.P lagunya Beatbox,rapp,Happy*ada feel senang waktu dengar lagu B.A.P Warrior* mungkin banyak penggemar ingin mencoba konsep yang baru *jarang jarang ada yg kyk EXO,sedangkan yg kyk BAP agak banyak*
    B.A.P lagunya bagus dan nada Beatbox dan rappernya bikin heboh

    Untuk Baby maaf 1000000x maaf di sini gue nistain sih BAP . Gue suka BAP kok

    Suka

  5. aku suka EXO dan BAP. tapi da bnrnya jg, bahwa d th 2012 BAP yg comeback terus, masak kalah sma exo yg cm comeback sekali. klw menurut aku BAP pas live performancenya suara mrka ttp bagus walaupun danceny lumayan kompleks. dan MV ny BAP tu modal bgt mulai dari warrior, stop it, one shot, coffe shop, hurricane dan badman dll. tp klw secara lagu dan dance exo dan bap sm2 keren dan punya keunikan masing2.

    Suka

  6. apa bagus nya sih bap? lagu menurutku jelek! orangnya jelek ga kyk exo! penyanyinya jelek ga kyk baekhyun chen d.o ! APA YG MAU DI BANGGAIN? nge rap bagusan chanyeol! dance bagusan sehun kai lay!

    Suka

    • kamu baik2 aja, neng? ga lagi sakit atau habis kepentok tembok? Yakin kamu baik2 aja? Seriusan? Aduh aku khawatir sama kesehatan kamu :3 Istirahat teratur ya, jangan lupa makan🙂

      Suka

    • Diem lu…. mentang-mentang EXO yang menang😤 lo pikir B.A.B.Y ngga bkl marah liat tulisan lo yang kaya tai itu,, gue ngga mulai masalah ya disini… cuma lo nggak tau aja betapa ancurnya EXO yang membernya pada keluar dan Si EXOnya sendiri nge bikin lagu buat ngejek ex-membernya, lo suruh tu Si chanyeol nge rap LTE kyak Zelo, Suruh tu Kai&lay BIKIN gerakan+pola lantai+timing+sudut pandang depan dari awal lagu sampe akhir kayak Jong Up sama Zelo, Suruh tu DO&Baek nyanyi nada tinggi kayak Daehyun, lo bilang lagunya jelek juga kan…. lo pikir bikin lagu nge-composer-innya gampang, suruh tu Si Suho bikin lagu+nulis lirik+ngecomposer lagu buat EXO kayak Yongguk yang nge buat banyak lagu buat comebacknya B.A.P, B.A.P emang jelek-jelek, sebagai seseorang yang pernah jadi fansnya EXO, tapi member B.A.P yang berkharisma dan bisa bikin ketawa+flying tiap liat tingkah mereka back stage DAN mereka ngga ada yang OPLAS kecuali daehyun, itupun daehyun cuma oprasi sedikit doang.., dan lo bandingin B.A.P yang sekarang terkenal di luar…. kenapa gue jadi B.A.B.Y,? Karena perlakuan B.A.P juga yang sweet sama fansnya, yongguk yang rela ngubah 1 KATA lirik lagunya dari “champagne” ke “caffeine” cuma karena dia ngga mau B.A.B.Y jadi peminum/pemabuk.. B.A.P selalu perhatian sama B.A.B.Y ..Yang ngga nyerah sama TS ent atas kontrak budaknya, yang ngge bikin lagu khusus buat B.A.B.Y SETELAH kontrak budaknya kelar, dan lagu itu dibuat khusus oleh yongguk+dancer oleh jung up…. SO WHAT!!! jadi jangan mulai masalah sama B.A.P sampe ngejek-ngejek segala

      Suka

  7. Gue bingung deh. kenapa setiap ada Boyband yang bersaing sama EXO selalu bawa bawa nama SM ENTERTAINMENT

    Disini gua sebagai exo-l juga gak terima idol gua diginiin :’v. Cuma gegara kalah vote dibilang curang :’v

    Kalo exo nyogok coba pikir pake Logika. Mungkin hanya dengan 1ALBUM. TAPI KALO FANS EXO BEJIBUN GIMANA?. YA YANG SERING NGELUARIN ALBUM LAH YANG KALAH. SEKALIPUN SERING NGELUARIN ALBUM TAPI FANSNYA DIKIT GIMANA? :’V

    Jujur aja gua nyesek baca komenan pertama :’v keknya exo selalu salah dimata fandom lain :’v

    Suka

    • di mata gue sbg fansnya pun mereka tetep salah, krn exo itu membernya cowok. cowok selalu salah! sm entertainment jg salah, krn ceo nya youngmin, youngmin cowok, dia salah juga -,-

      Suka

  8. kayanya tiap tahun kalo exo masuk nominasi pasti pada fanwar sekarang sama BIGBANG… untungnya iKON gak se kategori ama eXo…. wajar aja sich kalo tahun ini BIGBANG menang… tahun ini kan tahunnya BIGBANG…..

    Suka

    • hahaha btw ini udah 3 tahun yang lalu
      iya, maklum… fansnya exo kan dr berbagai kalangan, jadi wajar kalo banyak yang labil… tapi kan apa yg terjadi sebenernya gak tau.. entah itu beneran ada kecurangan atau emang reka2an fans supaya idol-nya mendapat simpati.
      Wajar bgt sih kalo Big Bang menang, mereka kan seniornya EXO… tapi ngga tau lah, ngga mau mikir panjang

      Suka

  9. Itu komentarnya.. #nunjuk atas
    Gak tau kenapa malah jadi baper._.

    EXO ataupun BAP itu sama2 keren dan berkualitas kok! Tapi ya gitu, balik lagi sama pemikiran masing2 orang🙂

    Kalo aku, waktu itu enggak nge-vote siapa2 -_- Nonton aja, damai.

    Tapi menurutku pribadi, EXO itu bisa sampe sini itu karena kerja keras mereka juga karena para fans yang jumlahnya bejibun. Bukan semata mata karena SM itu big agency. SM juga ambil bagian juga, karena itu emang tugas dia buat EXO terkenal.
    Dan setahu aku, kalau MAMA itu pemenang belum tentu diambil dari jumlah vote. Dari album, dan penilaian juri juga, kalo gak salah, vote cuma 20% aja diambilnya.. :v

    Dan seperti komen diatas yang katanya EXO buat lagu buat ngejelek jelekin mantan member,, lagu yang mana? Promise? Kalau menurutku, lagu itu ceritain ceritanya EXO dari awal debut sampe sekarang ._.

    Komen diatas ada yang fanwar😦
    Jangan fanwar ah! Kasihan idol-nya. Kasihan EXO-BAPnya. EXO sama BAP itu temenan baik kok! Idol-nya aja temenan, masa fans-nya musuhan? Terus Baekhyun sama Daehyun kan (konon katanya) mirip. Mereka HYUN FAMILY :3 bertiga ama V Bangtan. Daehyun itu appa, Baekhyun eomma, terus V itu anak
    #lah kenapa malah bahas ini?

    Fans juga harus berfikir dewasa. Jangan anggap idol kita itu yang terbaik. Karena masih ada langit diatas langit. Jangan sampai merendahkan idol lain cuma karena mau bagus bagusin idol kita. Lebih baik bersaing secara sehat aja! Lebih enak dan profesional. Dukung dan support idol itu boleh. Boleh banget dan malah harus! Tapi kita juga harus tahu batasannya. Jangan sampe niat yang awalnya mau ngedukung, malah jadi fanwar. Jangan sampai!! No! No! No! BIG NO!! #emosi

    Jujur, aku emang EXO L, dan bukan Baby. Maaf banget kalau ada yang kesinggung. Maaf banget. Aku gak maksud nyinggung gitu kok. Bener deh!
    Agak takut sebenernya komentar gini. Takut di bash😦
    Jangan ya! Aku masih kecil :3 masih smp :v
    Aku cuma ngeluarin pendapat pribadi aja. Kalo ada yang mau bales komenku tapi nge-bash, mending anggap komentarku itu tidak pernah ada. #bener2 ketakutan
    Dan daripada fanwar, mendingan nunggu drama-nya Baekhyun ._.? ‘Moon Lovers’. Keren kayaknya, pemainnya cogan2. Hehe!

    Damai itu indah dan gampang diciptain. So, jangan fanwar, oke? :*

    Suka

Comment Is Free of Charge (*^▽^*)

